You Are Reading

2

Gelombang

Unknown Kamis, 26 Agustus 2010
Siaaanggg . .  .
Setelah kemarin ngbhs ttg aqu skrng aq mw kmbli lg akn ngbhs ttg Fisika . .
Khususnya pada materi Gelombang . .

Gelombang
Energi dari satu tempat lain dapat dikirim menggunakan gelombang. Ada dua jenis gelombang bila dilihat dari medium rambatannya, yaitu :
  1. Gelombang mekanik yang membutuhkan medium untuk merambat, contohnya adalah gelombang bunyi, gelombang laut, gelombang tali. Gelombang mekanik terbagi menjadi dua yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. 
  • Gelombang Transversal adalah gelombang yang arah rambatannya tegak lurus dengan arah getarannya. Contoh gelombang transversal adalah gelombang tali. Ketika kita menggerakan tali naik turun, tampak bahwa tali bergerak naik turun dalam arah tegak lurus dengan arah gerak gelombang. 
  • Gelombang Longitudinal adalah gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya.   Contoh gelombang longitudina adalah gelombang pada  slinki yang digerakkan maju mundur, dan gelombang bunyi di udar.
 

2.  Gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan medium untuk merambat. (khusus unuk gelombang elektromagnetik akan aq bahas pada postingan brkt'y iiaa )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

owh ternyata emank cuma 2 gelombang itu ya.. aku kira udah nambah lagi selain longitudinal N Elektro haha.......

D'tgu deh yg selanjutnya hhe.... happy weekend,...

Elvindinata mengatakan...

hihihi,,teringan masa sekolah dulu,,,tapi tetap aja kagak ngarti,,hihihi,,,:),,, fisika blank dah,,:),,, tapi thanks dah sharing yaah,,tetap semngat dengan fisikanya,,huhuhuyyy ^^

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Aku dan Fisika
Revive Pink Blogger template by Introblogger | Change By Ferdinand