You Are Reading

0

Pengukuran

Unknown Sabtu, 07 Agustus 2010
 Pengertian Pengukuran
Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan pengukuran. Pengukuran tidak hanya terbatas pada kuantitas fisik, tetapi juga dapat diperluas untuk mengukur hampir semua benda yang bisa dibayangkan, seperti tingkat ketidakpastian, atau kepercayaan konsumen. Pengukuran adalah perbandingan dengan standar (William Shockley)
Dalam fisika dan teknik, pengukuran adalah aktivitas yang membandingkan kuantitas fisik dari objek dan kejadian dunia nyata. Alat pengukur adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda atau kejadian tersebut. Seluruh alat pengukur terkena error peralatan yang bervariasi. Bidang ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran dinamakan metrologi.
Fisikawan menggunakan banyak alat untuk melakukan pengukuran mereka. Ini dimulai dari alat yang sederhana seperti penggaris dan stopwatch sampai ke mikroskop elektron dan pemercepat partikel. Instrumen virtual digunakan luas dalam pengembangan alat pengukur modern.
 ALAT UKUR BESARAN
Besaran Pokok                                                        Alat Ukur
Panjang                                                           Mistar, Jangka sorong, mikrometer sekrup
Massa                                                             Neraca (timbangan)
Waktu                                                             Stop Watch
Suhu                                                               Termometer
Kuat Arus                                                       Amperemete
Jumlah molekul                                               Tidak diukur secara langsung *
Intensitas Cahaya                                            Light meter

* Jumlah zat tidak diukur secara langsung seperti anda mengukur panjang dengan mistar. Untuk mengetahui jumlah zat, terlebih dahulu diukur massa zat tersebut. selengkapnya dapat anda pelajari pada bidang studi Kimia.


Mistar : untuk mengukur suatu panjang benda mempunyai batas ketelitian 0,5 mm








 

Jangka sorong memiliki dua pasang rahang, rahang bagian atas digunakan untuk mengukur diameter dalam misalkan diameter bagian dalam silinder dan rahang bagian bawah digunakan untuk mengukur diameter bagian luar misalkan diameter luar silinder atau mengukur ketebalan buku. Untuk mengukur suatu panjang benda mempunyai batas ketelitian 0,1 mm atau 0,01 cm menyatakan tingkat ketelitian alat ukur jangka sorong.





Mikrometer sekrup digunakan untuk mengukur benda yang berbentuk bundar atau yang berukuran sangat kecil. Pada saat melakukan pengukuran, mikrometer sekrup diputar hingga jarak antara landasan dan poros cukup untuk menampung benda yang akan diukur, poros diputar selanjutnya untuk mengencangkan agar benda tidak jatuh dipergunakan recet. Recet dipergunakan untuk menghindari kerusakan ulir dalam mikrometer sekrup yang akan menyebabkan hasil pengukuran tidak teliti. Untuk mengukur suatu panjang benda mempunyai batas ketelitian 0,01 mm atau 0,001 cm nilai ini menyatakan tingkat ketelitian alat ukur mikrometer sekrup.

 setiap besaran fisika mencakup perbandingan besaran tersebut dengan beberapa nilai satuan besaran tersebut yang telah didefinisikan secara tepat.
Sampai saat ini ada dua jenis satuan yang masih digunakan yaitu:
1. Sistem Metric (meter, kilogram, dan sekon)
2. Sisitem Inggris/Imperial Sistem (foot, pound, dan second)
Sisitem metric mempunyai keunggulan karena satuan-satuannya sangat mudah, yakni berupa bilangan sepuluh berpangkat. Sisitem satuan yang digunakan secara universal dalam masyarakat ilmiah adalah Sistem Internasional (SI).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Aku dan Fisika
Revive Pink Blogger template by Introblogger | Change By Ferdinand